Selasa, 16 Februari 2016

Perilaku Konsumen IKK233

Arief Badrani Husni mahasiswa
Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan
Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Kuliah Perilaku Konsumen IKK233, 11 Febuari 2016 .
Department of Family and Consumer Sciences, College of Human Ecology Bogor Agricultural University IPB

Dosen:
Prof Dr Ir Ujang Sumarwan, MSc
Dr Ir Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr. Ir. Megawati simanjuntak, MS
Ir. MD Djamaluddin, MSc
Ir. Retnaningsih, MS

Text Book:
Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Edisi 2 Cetakan 1. Jakarta: PT Ghalia Indonesia


Catatan Kuliah Pertama
    Saya Arief Badrani Husni mahasiswa Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknlogi Pertanian, Institut Pertanian Bogor.
    Saya mengambil mata kuliah Perilaku Konsumen IKK233 dengan jadwal hari Kamis pukul 13.00 - 15.30 sebagai SC. Materi disampaikan oleh Dosen, yaitu Dr. Ir. Megawati simanjuntak, MS. Buku acuan yang digunakan berjudul Perilaku Konsumen, yang tak lain penulisnya adalah Prof Dr Ir Ujang Sumarwan MSc . 
     Hal menarik yang saya dapatkan di pertemuan pertama kuliah, saya lebih mengetahui dan menyadari bahwa konsumen memiliki beberapa karakter atau ciri yang unik. Konsumen rela mengeluarkan uang yang banyak demi mendapatkan kepuasan, menawar harga kepada produsen hingga didapat harga yang menurutnya sesuai dengan barang yang dibeli, suka mengikuti tren, melihat manfaat dari barang yang akan dibeli, membandingkan harga dari suatu barang dari penjual yang berbeda, dan lain-lain.
Perilaku konsumen demikian, tentunya dipengaruhi oleh berbagai faktor. Perspektif yang riset perilaku konsumen, di antaranya konsumen memiliki masalah dan mengambil keputusan secara rasional, konsumen sering mengambil keputusan untuk membeli produk hanya karena alasan emosi yang diinginkan, dan konsumen sering membeli produk hanya karena dipengaruhi faktor luar seperti pemasaran, budaya, lingkungan, dan ekonomi. Perilaku konsumen juga dapat dikaitkan dengan permasalahan ekonomi mikro. Hal tersebut dapat dilihat dari konsumen di berbagai negara sering kali memiliki tren aksesoris dan pakaian yang sama. Selain itu, adanya globalisasi ekonomi yang diiringi perkembangan teknologi dengan akses internet menyebabkan semakin seragam perilaku konsumen di berbagai negara.
     Manfaat yang dapat diambil setelah mempelajari mata kuliah Perilaku Konsumen sangatlah banyak. Manfaat yang mulai dapat dirasakan saat ini adalah mendidik kita sebagai konsumen agar memilih produk dan jasa yang benar dengan pertimbangan harga yang tepat, terhindar dari penipuan perdagangan, menjadi konsumen yang bijak dalam mengambil keputusan. Jika kelak saya menjadi pemegang perusahaan, saya dapat memahami konsumen sehingga dapat mengambil keputusan dengan baik, menganalisis dinamika konsumen dengan baik, dan membantu dalam manajemen pemasaran produk. Jika kelak saya menjadi salah satu pemegang kursi kekuasaan di pemerintahan, mata kuliah ini dapat membantu menentukan kebijakan publik dengan bijak, membuat keputusan dengan bijak, merancang peraturan dan undang-undang yang melindungi konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar