Arief Badrani Husni
mahasiswa
Departemen Teknik Sipil
dan Lingkungan
Fakultas Teknologi
Pertanian, Institut Pertanian Bogor.
Kuliah
Perilaku Konsumen IKK233, 11 Febuari 2016 .
Department of Family and
Consumer Sciences, College of Human Ecology Bogor Agricultural University IPB
Dosen:
Prof Dr Ir Ujang
Sumarwan, MSc
Dr Ir Lilik Noor
Yuliati, MFSA
Dr. Ir. Megawati
simanjuntak, MS
Ir. MD Djamaluddin, MSc
Ir. Retnaningsih, MS
Text Book:
Ujang Sumarwan. 2011.
Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Edisi 2 Cetakan 1.
Jakarta: PT Ghalia Indonesia
![](https://gitagiantina.files.wordpress.com/2014/09/picture11.jpg)
Catatan Kuliah Pertama
Saya Arief Badrani Husni mahasiswa Departemen Teknik Sipil dan
Lingkungan, Fakultas Teknlogi Pertanian, Institut Pertanian Bogor.
Saya mengambil mata kuliah Perilaku Konsumen IKK233 dengan jadwal hari
Kamis pukul 13.00 - 15.30 sebagai SC. Materi disampaikan oleh Dosen,
yaitu Dr. Ir. Megawati simanjuntak, MS. Buku acuan yang digunakan
berjudul Perilaku Konsumen, yang tak lain penulisnya adalah Prof Dr Ir Ujang
Sumarwan MSc .
Hal menarik yang saya dapatkan di pertemuan pertama kuliah, saya
lebih mengetahui dan menyadari bahwa konsumen memiliki beberapa karakter atau
ciri yang unik. Konsumen rela mengeluarkan uang yang banyak demi mendapatkan
kepuasan, menawar harga kepada produsen hingga didapat harga yang menurutnya
sesuai dengan barang yang dibeli, suka mengikuti tren, melihat manfaat dari
barang yang akan dibeli, membandingkan harga dari suatu barang dari penjual yang
berbeda, dan lain-lain.
Perilaku
konsumen demikian, tentunya dipengaruhi oleh berbagai faktor. Perspektif yang
riset perilaku konsumen, di antaranya konsumen memiliki masalah dan mengambil
keputusan secara rasional, konsumen sering mengambil keputusan untuk membeli
produk hanya karena alasan emosi yang diinginkan, dan konsumen sering membeli
produk hanya karena dipengaruhi faktor luar seperti pemasaran, budaya,
lingkungan, dan ekonomi. Perilaku konsumen juga dapat dikaitkan dengan
permasalahan ekonomi mikro. Hal tersebut dapat dilihat dari konsumen di
berbagai negara sering kali memiliki tren aksesoris dan pakaian yang sama.
Selain itu, adanya globalisasi ekonomi yang diiringi perkembangan teknologi
dengan akses internet menyebabkan semakin seragam perilaku konsumen di berbagai
negara.
Manfaat yang dapat diambil setelah mempelajari mata kuliah
Perilaku Konsumen sangatlah banyak. Manfaat yang mulai dapat dirasakan saat ini
adalah mendidik kita sebagai konsumen agar memilih produk dan jasa yang benar
dengan pertimbangan harga yang tepat, terhindar dari penipuan perdagangan,
menjadi konsumen yang bijak dalam mengambil keputusan. Jika kelak saya menjadi
pemegang perusahaan, saya dapat memahami konsumen sehingga dapat mengambil
keputusan dengan baik, menganalisis dinamika konsumen dengan baik, dan membantu
dalam manajemen pemasaran produk. Jika kelak saya menjadi salah satu pemegang
kursi kekuasaan di pemerintahan, mata kuliah ini dapat membantu menentukan
kebijakan publik dengan bijak, membuat keputusan dengan bijak, merancang
peraturan dan undang-undang yang melindungi konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar